Belajar sampai MATI!!!

Belajar??? Duhhh….. maless bangeetttt………

Iya, mindset kita mendengar kata belajar adalah kegiatan di dalam kelas, membosankan, interaksi satu arah antara guru dan murid, dan hal-hal yang tidak menyenangkan lainnya. Bukan tanpa dasar saya menyatakan argumen seperti ini. Coba sekarang mintalah anak, adik, kakak, atau saudara kita untuk belajar, kebanyakan dari mereka akan menolak atau menundanya. Belajar dibutuhkan hanya pada saat kondisi mendesak yang memang mengharuskan kita belajar. Misalnya belajar saat ada ujian di sekolah. Belajar dalam kondisi seperti itu membuat kita menjadi terpaksa dan tidak benar-benar menyerap bahkan mengaplikasikan apa yang kita pelajari tersebut.

Nah, bagaimana kalau kita mengubah mindset kita? Belajar tidak harus selalu dengan buku kok, tidak harus di dalam kelas formal, tidak juga dengan interaksi satu arah. Iya, siapapun bisa menjadi sumber belajar kita, apapun dapat menjadi media kita untuk belajar. Belajar  merupakan suatu proses berkelanjutan sepanjang kehidupan kita. Kita dapat belajar dari hal-hal kecil di sekitar kita, yang bisa jadi kita lakukan sehari-hari. Seperti misalnya ketika kita berbincang-bincang atau berdiskusi dengan seseorang, kita dapat mengambil pelajaran dari orang yang sedang kita ajak berdiskusi. Apapun itu. Mulai dari belajar cara beliau berbicara atau mengutarakan ide pemikirannya, belajar cara pandang dan cara hidup beliau, belajar cara beliau mengatasi masalah, dan lain sebagainya. Selama kita hidup, proses belajar tidak akan pernah berhenti.

Mengapa kita harus selalu belajar di sepanjang kehidupan kita? Untuk menaikkan kapasitas diri kita, baik dihadapan Tuhan maupun sesama manusia. Merugilah orang tersebut bila ia tidak bisa mengambil apapun dari suatu proses kejadian. Kita akan menjadi orang yang ‘sama’ sepanjang waktu. Kita tidak akan pernah bisa mengembangkan diri kita bila kita tidak belajar, kita akan menganggap sebuah pengalaman menjadi biasa saja dan menjadi sebuah moment yang terlewatkan begitu saja bila kita tidak dapat mengambil banyak pelajaran dari pengalaman itu.

Continuous Learning. Hal tersebut menjadi kesimpulan saya sewaktu mengikuti kelas Akademi Berbagi Pekalongan dengan tema “Bisnis Online part 2” oleh Kang Alkaf. Kang Alkaf merupakan seorang wirausahawan batik di Pekalongan. Dalam kelasnya kemarin, beliau menuturkan bahwa menjadi wirausaha, uang bukan menjadi fokus utama tujuan kita. Tapi adalah belajar dari pengalaman berwirausaha itu yang tidak dapat didapatkan dengan cara apapun. Uang akan datang dengan sendirinya bila kita terus berusaha berada di jalan yang benar. Tuhan telah mengatur rejeki kita, tugas kita adalah terus berusaha dan selalu mengambil hikmah (pelajaran) dari setiap kejadian yang ada.

Kang Alkaf menuturkan bahwa pengalaman yang akan mengajarkan kita banyak hal. Tidak usah takut dan tak usah ragu, jika ingin berwirausaha, mulailah! Berhasil atau gagal itu urusan belakangan. Ketika kita sudah berani memulai usaha kita, maka disitulah sebenarnya keberhasilan kita dalam berwirausaha karena kita dapat menaklukan ketakutan dan keraguan kita. Selanjutnya, proses yang akan mengajarkan kita banyak hal. Proses yang baik akan berbuah hasil yang baik. Soft skill kita akan semakin terasah seiring dengan proses tersebut. Bagaimana mengelola emosi ketika berhadapan dengan komplain customer, bagaimana mengelola waktu kita antara berwirausaha dengan kegiatan lain, bagaimana menjaring link sebanyak-banyaknya, dan lain sebagainya. Proses tersebut yang tidak akan terbeli oleh apapun.

Continuous Learning, konsep tersebut yang Akademi Berbagi terapkan dan bagikan kepada orang lain. Belajar secara menyenangkan dengan mengadakan tema-tema yang berbeda tiap bulannya, tempat yang berbeda-beda pula, serta dengan suasana yang penuh kekeluargaan, asik, dan menyenangkan diharapkan menjadi media belajar untuk meningkatkan soft skill masyarakat luas. Semangat Belajar, Semangat Berbagi Bikin Happy…🙂

Loving and Caring Each Others

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Akademi Berbagi Pekalongan

BERBAGI BIKIN HAPPY

Jari Manis Indonesia

Aktivasi kekuatan Pikiran

Agustino Pratama

"Berbagi Ceritai"

Srijoko's Blog

belajar, berjuang, dan berkarya

stepenautis

All about the Life of Stepen

Sunrice Psikologi Unika

Be The Best in Everything!

katharinaedwina

"Liking everything of Challenging"

Recycle Bin

Ada cerita di setiap tarikan napas

Retta berkata...

bercerita dan mengomentari dunia

Caraka

Menyampaikan apa yang ingin disampaikan

%d bloggers like this: